Social Icons

Selasa, 04 September 2012

5 Tahun Provinsi Tidak Terima PNS

* Temukan Praktek Suap Laporkan ke Polisi

PALEMBANG. PE – Hingga lima tahun ke depan dipastikan Pemprov Sumsel tidak menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya dari catatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel sedikitnya ada 1.556 kelebihan pegawai.
    Dijelaskan Muzakir MM, Kepala Dinas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel kelebihan yang dikatakan tentu tidak seimbang dengan daftar pensiun setiap tahun 300 pegawai. Sehingga membutuhkan waktu lima tahun untuk kembali menerima PNS baru.
    “Hal inilah yang menjadi alasan bagi BKD Provinsi tidak membuka rekrutmen, tetapi untuk Kabupaten/Kota tetap buka karena masih banyak kekurangan pegawai,” ujar Muzakir, kepada Palembang Ekspres Senin (3/9) di ruang kerjanya.
    Dia mengatakan, yang dibutuhkan di Kabupaten/Kota diantaranya tenaga guru, kesehatan, fungsional meliputi pertanian, penyuluhan dan lain sebagainya.
    “Kita berharap semua pegawai dapat disebar di seluruh Sumsel, supaya target BKD merata diseluruh penjuru termasuk pelosok yang memang sangat membutuhkan,”  harapnya.
    Ditanya mengenai otonomi daerah, dirinya sedikit menjelaskan bahwa tahun ini ada perubahan sistem, dimana Provinsi maupun Kabupaten harus mengajukan analisa jabatan dan analisa program kerja. Jika tidak dilengkapi dan diajukan maka kabupaten/kota tersebut tidak akan diberikan MenPAN formasi.
    “Ya, jadi dengan sistem baru ini dapat diketahui daerah mana saja yang membutuhkan formasi atau jurusan yang akan ditempatkan,” kata dia.
    Termasuk kata dia, pelaksanaan rekrutmen Provinsi dan Kabupaten yang mengurus otonomi daerah setempat. Tergantung kewenangan kabupaten/kota itu sendiri. Untuk itulah, sehubungan rencana rekrutmen CPNS di empat kabupaten 8 Agustus mendatang pihaknya menghimbau supaya calon pegawai jangan mudah terpengaruh, menyesatkan, menjanjikan.
    “Karena hasil koreksi tes bukan diperiksa di Provinsi melainkan di pusat bersama Badan Kepegawaian Nasional (BKN), bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)” terangnya.
    Sehingga, sambung dia Penerimaan CPNS 2012 berbeda dengan penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya. Seleksi penerimaan CPNS 2012 mirip dengan dengan seleksi SNMPTN yang dimodifikasi, dimana pendaftarannya online.
    “Walaupun diperlukan juga pengiriman berkas, soal-soal dibuat dan diperiksa oleh konsorsium 10 PTN sebagai bagian dari panitia seleksi nasional, dan yang terpenting hasil dari test (nilai/skor) akan bisa diketahui oleh peserta test sehingga bisa berbangga, bisa komplain, atau bisa menerima kenyataan dengan lapang hati,” tukasnya. DYN



0 komentar:

Posting Komentar

Populares