Social Icons

Senin, 10 September 2012

Dana BOS Periode 4 Segera Cair



/// Besarannya Mencapai Rp193.267.807.500
PALEMBANG. PE – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk seluruh sekolah di Sumatera Selatan (Sumsel) periode ke-4 akan segera dicairkan. Ketua TIM BOS Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Drs H Sutarman MM mengatakan, memasuki tahap periode keempat, mereka sedang mempersiapkan jumlah dana yang akan disalurkan.

“Dana BOS periode keempat ini akan kami kirimkan pada pertengahan Oktober mendatang. Periode pencairan ini digunakan untuk penalangan dana kebutuhan sekolah pada Oktober hingga Desember 2012,” tuturnya kepada Palembang Ekspres, pada saat ditemui dikantornya, Senin (10/9).

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 5.785 sekolah yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Sumsel yang mendapatkan bantuan tersebut. Jumlah siswanya sendiri ada sebanyak 1.263.228 orang, dengan jumlah total dana yang dikucurkan sebesar Rp193.267.807.500 untuk periode Oktober-Desember.

Untuk masalah jumlah siswa sendiri memang ada peningkatan dibanding pada periode pencairan dana BOS ketiga. Salah satu pengaruhnya karena adanya penerimaan siswa baru (PSB). ”Kita masih menggunakan data lama, pasalnya jarak antara jumlah siswa baru dengan pencairan dana BOS periode ke-4 ini sangat dekat,” tukasnya.

 Namun pihak sekolah tidak perlu mengkhawatirkan jumlah dana yang diperileh, karena nanti jumlah kekurangan dana akan disesuaikan pada periode berikutnya. Ia mengatakan, untuk mengantisipasi adanya perubahan data jumlah siswa, pihaknya sudah memberikan himbauan kepada seluruh sekolah agar mempersiapkan data sekolah secara lengkap.

”Kemungkinan perubahan data di berbagai kabupaten tentunya pasti ada, jadi kita harapkan pihak sekolah agar segera mengumpulkan data lengkap ke kabupaten kota masing-masing,” lanjutnya. Setelah dikumpulkan, pihak dinas kota ataupun kabupaten akan segera mengirimkan data tersebut ke Disdik Sumsel. Sehingga proses pencairan dana BOS sesuai dengan yang dibutuhkan.

Disingung tentang pencairan dana BOS periode ke-3, seluruh sekolah sudah mendapatkan pengucuran dana pada Juli kemarin. Tapi, pihaknya tidak terlalu mengetahui secara pasti, apakah dana tersebut sudah digunakan oleh pihak sekolah atau belum. NEF 

0 komentar:

Posting Komentar

Populares