Social Icons

Senin, 10 September 2012

Golkar dan Demokrat Belum Tentukan Calon


//Bertarung di Pilkada Kota Palembang

PALEMBANG. PE  – Partai Golkar dan Demokrat tampaknya tak mau gegabah memutuskan bakal calon yang akan diusung keduanya pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palembang 2013, mendatang.


Hingga saat ini kedua partai masih belum menentukan siapa bakal calon yang akan diusung pada perebutan kursi orang nomor satu di Kota Pempek, ini. Jika Golkar masih menunggu keputusan DPP terkait hasil survei yang dilakukan, Partai Demokrat justru telah mulai membuka pendaftaran bagi bakal calon (balon) walikota-wakil walikota yang berminat maju dari Partai Demokrat, pada Pilkada Palembang, nanti.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Selatan (Sumsel) bidang organisasi, Nasrun Madang menyatakan, dari sembilan Pilkada termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel yang akan digelar sepanjang 2012-2013 nanti, pihaknya baru resmi menetapkan satu pasangan calon yang diusung partai berlambang pohon beringin ini, pada Pilkada Lubuklinggau. 

Sementara sisanya, termasuk pada Pilkada Palembang, menurut Nasrun, saat ini pihaknya tengah dalam proses penjaringan bakal calon.  “Jadi ada mekanisme partai yang harus dilalui, meski Golkar tetap memprioritaskan kader, namun keputusan final ada pada hasil survei yang ditetapkan DPP nantinya,” kata Nasrun Madang, ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Meski demikian, imbuh Nasrun lagi, Partai Golkar tetap tak akan mengenyampingkan perkembangan politik yang terjadi, di Palembang, dan tetap berpedoman pada keputusan DPP yang diambil berdasarkan hasil survei nantinya.

Artinya, jika memang hasil survei menyatakan kader Golkar Palembang, masih berada di bawah hasil survei, bakal calon yang berasal dari luar partai. Menurut Nasrun, Golkar tak akan memaksakan diri. “Kader tetap jadi prioritas, tanpa mengenyampingkan perkembangan politik yang terjadi di Kota Palembang sekarang ini,” tukas Nasrun.

Sementara, Ketua DPD Partai Demokrat Kota Palembang, Harnojoyo menyatakan terhitung kemarin hingga 13 September, nanti pihaknya membuka pendaftran bagi balonwako-wawako yang berminat untuk maju pada Pilkada Palembang dengan perahu Partai Demokrat. “Pengembalian formulir kita buka pada 15-16 September mendatang,” jelas Harnojoyo.

Harnojoyo yang juga Ketua DPRD Kota Palembang ini menambahkan, dari data terakhir hingga pukul 14.00 WIB dari DPC Partai Demokrat Kota Palembang, di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, tercatat dua balonwako yaitu Sarjan Tahir dan Romi Herton, dan empat balonwawako yang telah mengambil formulir pendaftaran.

Terpisah, kader sekaligus pendiri Partai Demokrat di Sumsel, Sarjan Tahir yang memastikan diri maju pada Pilkada Kota Palembang sebagai bakal calon walikota (balonwako), secara resmi telah mengambil formulir pendaftaran balonwako di DPC Partai Demokrat Kota Palembang, kemarin. “Jadi karena diberi waktu hingga 15 September, Insya Allah formulir pendaftaran ini kami kembalikan pada hari terakhir nanti,” kata Sarjan, kemarin.

Lebih lanjut, Sarjan menambahkan, dirinya merasa terpanggil untuk maju pada Pilkada Kota Palembang, untuk menunjukkan bahwa masih banyak kader Partai Demokrat yang mampu dan layak, selain untuk menunjukkan eksistensi Partai Demokrat sebagai partai pemenang pemilu, sekaligus mengajak segenap pengurus Partai Demokrat untuk memberikan peluang bagi kader partai yang ingin membesarkan nama partai melalui pelaksanaan Pilkada.

Sarjan menjelaskan, pihaknya selaku kader partai juga, akan menunggu hasil keputusan DPP yang dilakukan berdasarkan sejumlah poin-poin penilaian. Untuk akhirnya memilih kader terbaiknya, untuk maju pada pertarungan Pilkada Kota Palembang 2013. “Ini juga menunjukkan bahwa kami masih sangat berharap untuk maju dengan menggunakan perahu Partai Demokrat, pada Pilkada Kota Palembang 2013 ini,” tukas Sarjan lagi. TJA


0 komentar:

Posting Komentar

Populares