Social Icons

Selasa, 11 September 2012

Kades Sidomulyo Gelapkan Dana ADD


KAYUAGUNG. PE - Kepala Desa (Kades) Sidomulyo, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan komering Ilir (OKI), Dariono Sarkun (45), ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres OKI dalam dugaan kasus penggelapan dana ADD tahun 2009. Penetapan sebagai tersangka dilakukan Selasa (11/9), menyusul hasil pemeriksaan tim penyidik pidana khusus (Pidsus) Polres OKI yang dilakukan secara marathon terhadap tersangka yang sebelumnya diperiksa sebagai saksi. 

Bahkan saat adanya demo warga Desa Sidomulyo di kantor Pemkab OKI, kehadiran sang kades justru dikawal oleh penyidik Polres OKI karena sedang dalam pemeriksaan intensif. Kasat Reskrim Polres OKI, AKP H Surachman saat dikonfirmasi Palembang Ekspres mengatakan, penetapan sebagai tersangka ini menyusul hasil pemeriksaan terhadap sejumlah saksi-saksi yang terkait dugaan penggelapan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2009.

Menurut Surachman, tersangka ini diduga telah menilep dana ADD senilai Rp150 juta, dana tersebut semestinya diperuntukan bagi tunjangan lembaga permasyarakatan, seperti tunjangan perangkat desa, lembaga adat banyak yang ganda, selain itu banyak dana ADD yang semestinya untuk pembangunan fisik, ternyata tidak bangun. “Kita sudah lakukan pemeriksaan, awalnya kita periksa sebagai saksi, namun statusnya dinaikan sebagai tersangka,” tegas Kasat.

Dikatakannya, saat ini tersangka sudah menunjuk salah seorang pengacara untuk mendampinginya dalam pemeriksaan. “Tersangka menunjuk pengacara Chairul S Matdiah sebagai penasehat hukumnya,” terang dia.

Lebih jauh Surachman menerangkan, setelah ditetapkan sebagai tersangka pihaknya akan mengajukan surat permohonan penahanan kepada Bupati OKI. “Kita akan mengajukan surat izin kebupati oki untuk melakukan pemeriksaan sebagai tersangka dan jika memungkinkan tersangka akan kita tahan untuk mempermudah pemeriksaan,” tandasnya.

Sementara itu Kades Sidomulyo, Dariono Sarkun saat ditemui di ruang Rapat Bende Seguguk I Pemkab OKI enggan memberikan komentar seputar pemeriksaan dirinya yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik. IAN 

0 komentar:

Posting Komentar

Populares