Social Icons

Senin, 10 September 2012

Minat Baca PNS Masih Minim


* Gubernur Sumbang 1.000 Buku, SKPD Diminta Ikut 

PALEMBANG. PE - Masih minimnya minat baca Pegawai Negeri Sipil (PNS), Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin menyumbang 1.000 eksemplar buku. Berbagai buku yang disumbangkan di Badan Perpustakaan Daerah (Banpusda) Provinsi Sumsel ini diharapkan bermanfaat dan menjadi referensi masyarakat.
“Harus diakui minat baca kalangan PNS masih sangat minim. Ini dibuktikan dari daftar kunjung ke Pusda (Perpustakaan Daerah),” aku HM Asnawi HD, Kepada Badan Perpustakaan Daerah (Banpusda) Sumsel kepada Palembang Ekspres Senin (10/9) di Media Center.

Dirinya menghimbau kepada PNS agar meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pusda. Karena buku yang tersedia beraneka ragam sehingga dapat menambahkan pengetahuan.  “Di Pusda sudah cukup banyak koleksinya, jadi sebisa mungkin rutin meluangkan waktu untuk membaca,” imbaunya.

Dia mengatakan, saat ini jumlah judul buku di Banpusda yang tersedia sekitar 267 ribu. Sedangkan jumlah bukunya sebanyak 610 eksemplar.  ”Jumah pengunjung Perpusda Sumsel setiap harinya rata-rata sebanyak 600 orang dari kalangan anak-anak TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi,” bebernya.

Dua hari lalu sambungnya, Dispenda sudah menyerahkan 200 buku, sedangkan sisanya sebanyak 800 buku akan diserahkan dalam waktu dekat. Buku yang disumbankan bervariasi meliputi buku pelajaran dan buku umum,” ujarnya di media center, kemarin.

Lanjutnya, Gubernur Sumsel juga meghimbau setiap SKPD untuk menyumbangkan buku ke Perpusda Sumsel. Selain itu, Banpusda menghimbau BUMD, BUMN serta masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyumbang buku dalam rangka mensukseskan gerakan sejuta buku. ”Setiap SKPD diwajibkan menyumbangkan buku. Untuk jumlahnya tidak ditentukan. Namun kita targetkan sumbangan buku dari SKPD sebanyak 5.000-10.000,” ucapnya seraya menambahkan Hj Eliza Alex Noerdin juga sudah menyumbangkan 100 buku.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan buku, dapat datang langsung ke Perpusda Provinsi Sumsel. Tapi jika memang tidak sempat datang, bisa memberikan permohonan agar Banpusda yang mengambil buku tersebut sesuai alamat. ”Untuk mencapai sejuta buku memang tidak mudah. Tapi kita optimis dapat tercapai dengan cara berkoordinasi dengan BUMD, BUMN dan masyarakat,” kata dia.
Nantinya sambung dia, buku tersebut akan disumbangkan kepada anak yang kurang mampu. Selain itu, buku pihaknya juga akan membangun perpustakaan mini untuk menampung buku-buku sumbangan tersebut.

”Buku-buku sumbangan itu akan bermanfaat bagi masyarakat Sumsel. Karena buku-buku tersebut akan dibagikan ke anak-anak tidak mampu. Selain itu, sumbangan buku itu juga akan kita isi ke Perpustakaan mini yang berada di kawasan Perpusda Sumsel,” tukasnya. DYN

0 komentar:

Posting Komentar

Populares