Social Icons

Selasa, 04 September 2012

Pembibitan Gurami Sulit Dikembangbiakan


///Dinas Perikanan dan Peternakan Targetkan 1 Juta Bibit Pertahun

INDRALAYA. PE - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengklaim pembibitan ikan gurami sangat sulit untuk dikembangbiakan dibandingkan dengan jenis ikan lain seperti lele, nila dan patin. Kendatipun selama enam bulan belajar mengembangkan program pembibitan ikan tersebut, namun hingga kini belum sepenuhnya berhasil.


“Memang untuk pembibitan ikan gurami sangat susah. Secara alamiah bisa dikendalikan. Namun pada saat ditangani secara teknis dan dengan ilmu yang dimiliki terkadang tidak sesuai dengan realita. Ya, banyak induk ikan gurami yang mati,” ujar Kepala Balai Benih Ikan Lokal OI, Setiyadi, Senin (3/9).

Namun demikian, kata Kasi Budidaya Perikanan ini, pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan pembibitan jenis ikan tersebut. Pasalnya, harga gurami dipasaran terbilang sangat tinggi sehingga menjadi peluang yang baik untuk merebut pangsa pasar penjualan ikan gurami.

Hingga saat ini lanjutnya, pihaknya tengah menyiapkan induk baru lagi untuk memulai proses pembibitan ikan gurami ini. Selain membudidayakan ikan gurami, pihaknya juga membudidayakan ikan lele, patin, dan nila. “Bayangkan saja permintaan konsumsi masyarakat untuk 4 jenis ikan ini sangat tinggi. Untuk masing-masing demand bisa lebih dari satu juta. Sementara dalam setahun kami mampu membudidayakan 1 juta bibit ikan lele, patin dan nila. Sedangkan untuk ikan gurami belum terealisir,” tuturnya.

Dia melanjutkan, keberhasilan pembibitan dari induk pada ketiga jenis itu, ikan lele yang menjadi primadona. Dari banyaknya permintaan, sekitar 80% kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) membeli ikan lele. Selebihnya disusul ikan nila dan patin.

Distribusi ikan lele ini katanya, selain dibeli kelompok pembudidaya ikan dari OI, juga berasal dari Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Sekali pesan biasanya pokdakan membeli minimal 1000, 5000 hingga 10.000 bibit ikan. “Untuk bibit ikan lele dijual Rp150 per-ekor. Sedangkan bibit ikan nila Rp200 per-ekor. Memang tidak terlalu banyak pembudidaya luar yang membeli bibit ikan disini. Tapi biasanya penjualan bibit ikan dapat mencapai target atas referensi dari pembudidaya,” terangnya.

Begitu pun untuk ketersediaan pakan ikan, masih katanya, dalam setahun pihaknya telah menyiapkan lebih dari 1 ton pelet ikan yang diperuntukkan bagi induk dan bibit ikan. VIV


0 komentar:

Posting Komentar

Populares