Social Icons

Rabu, 12 September 2012

Polsri Siapkan SDM Berkompeten

SIAP BERSAING 
Para sarjana lulusan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang siap bersaing menuju dunia kerja dengan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dibidangnya.

PALEMBANG. PE – Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang menjadi satu dari sekian instansi pendidikan yang mengusung proses pembelajaran vokasi.
Bahkan, dengan sistem pendidikan ini, pihaknya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dibidangnya.
Hal ini diungkapkan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), RD Kusumanto. Dikatakannya, Polsri selalu berupaya untuk menjadi tempat pendidikan yang dapat dipercaya masyarakat. "Sebagai salah satu tempat pendidikan di Sumsel, kita ingin menciptakan SDM berkompetensi. Agar bisa mensukseskan pembangunan nasional di negara ini,” tuturnya kepada Palembang Ekspres, pada kata sambutannya di acara upacara wisuda XXVIII di Gedung OPI Convention Centre (OCC) Jakabaring, Rabu (12/9).
Selama masa pendidikan, para mahasiswa Polsri memang dibina dengan pendidikan vokasi yang berbeda. Beban pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu 55 persen praktek dan 45 persen teori. Oleh karena itu, setiap lulusannya kebanyakan langsung bisa diterima di berbagai instansi negara ataupun perusahaan besar, karena mempunyai skill yang dibutuhkan.
”Saat ini yang dibutuhkan di dunia kerja bukan hanya nilai akademik, namun juga skill yang menjadi poin penting. Di Polsri, skill yang menjadi poin utama yang kita berikan,” ulasnya. Dengan menerapkan pendidikan vokasi, setiap tahun Polsri selalu kebanjiran peminat. Bahkan, di tahun ini jumlah mahasiswa baru (Maba) mencapai 1.560 orang.
Ada beberapa jalur penerimaan yang diikuti oleh Maba Polsri, Ujian Saringan Masuk (USM) sebanyak 1.327 orang, Penelusuran Minat dan Prestasi (PMP) sebanyak 139. Pihaknya juga menerima mahasiswa baru melalui jalur beasiswa BIDIK MISI sebanyak 90 orang. ”Kita memang membatasi jumlah Maba, untuk itu kita menyaring secara ketat peserta ujian yang bisa masuk ke Polsri. Padahal, peminat Polsri sendiri sangat tinggi mencapai 15.842 orang,” lanjutnya.
Ia mengatakan, saat ini mereka juga sedang menggandeng beberapa perusahaan besar seperti PT PLN Persero, PT Tama Persada serta United Tractor dan PT Indotruck Utama untuk memberikan materi kuliah dan penyaluran tenaga kerja. Pada acara wisuda kali ini, sebanyak 1.209 mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) diwisuda.
”Wisuda ini pada dasarnya ditujukan sebagai salah satu bentuk evaluasi kinerja Polsri sekaligus sebagai pertanggungjawaban kepada pemerintah dan masyarakat dalam proses penyelenggara pendidikan di Indonesia,” sambungnya.
Dari pagi hari, OCC Jakabaring sudah dihadiri ribuan mahasiswa yang akan diwisuda. Tidak hanya mahasiswanya saja, namun tampak berjajar kendaraan roda empat yang membawa rombongan keluarga dari tiap mahasiswa kian memadati halaman OCC Jakabaring.
Kendati udara semakin panas karena padatnya orang di dalam Gedung OCC Jakabaring, tapi para mahasiswa yang akan dilantik tetap bersemangat dan tidak sabar menanti pemindahan kuncir toga dan menyatakan mereka sudah resmi diwisuda.  NEF

0 komentar:

Posting Komentar

Populares