Social Icons

Senin, 10 September 2012

Tempat Hiburan Tetap Membandel


//Padahal Jam Operasional Dibatasi

Jam operasional tempat hiburan malam ternyata dibatasi. Untuk hari biasa mulai dari Senin hingga Jumat, tempat hiburan buka hingga pukul 24.00 WIB, sedangkan untuk Sabtu-Minggu buka hingga pukul 01.00 WIB. Namun, pada kenyataannya sejumlah tempat hiburan masih membandel dan tetap buka hingga dini hari.


Memang penerapan jam operasional bagi usaha hiburan malam masih menjadi pertanyaan. Aturan yang sudah ditentukan dan disepakati dalam memperketat hiburan malam, masih kurang diperhatikan pengusaha hiburan malam. Karenanya, sejumlah tempat hiburan tetap saja beroperasi dengan bebas tanpa takut ditindak pihak terkait.

Hal itu juga dikarenakan belum adanya tindakan tegas dari pihak terkait, seperti penutupan tempat hiburan itu atau juga tidak dikeluarkannya izin beroperasi. Dengan tidak adanya tindakan tegas itu, maka pengusaha tempat hiburan mengacuhkan aturan tersebut. Bahkan tekadang untuk membubarkan kegiatan di tempat hiburan itu, banyak menemui hambatan.

Sebenarnya jika pihak terkait tegas, maka tempat hiburan yang melanggar aturan tersebut harus diberi sanksi. Dan sanksi yang diberikan juga harus tegas, seperti dipersulit untuk izin tempat usaha, atau juga izin operasional tidak dikeluarkan. Bahkan hingga ke penutupan secara permanen tempat hiburan malam itu. 

Pihak kepolisian sebenarnya bukan membuat kesepakatan mengenai jam operasional tempat hiburan. Melainkan hanya hanya memberikan batas waktu izin keramaian. Karenanya jika batas waktu izin keramaian yang telah ditentukan dilanggar, maka pihak kepolisian berhak untuk membubarkan paksa kegiatan di tempat hiburan malam itu.

Namun, pada kenyataannya tempat hiburan itu juga tetap tidak memperhatikan izin yang diberikan oleh pihak kepolisian. Bahkan, pengusaha hiburan malam itu berdalih, mereka sudah punya izin untuk jam operasional tempat hiburan yang dikelolanya, sehingga izin keramaian itu tidak diperhatikan.

Karenanya, beberapa waktu lalu jajaran Polresta Palembang, merazia sejumlah tempat hiburan yang ada di Kota Palembang yang melanggar izin keramaian itu. Tak tanggung-tanggung sejumlah tempat hiburan malam elit yang ada di Kota Palembang dirazia petugas gabungan Polresta Palembang.

Hasilnya ada beberap tempat hiburan yang melanggar izin keramaian yang diberikan kepolisian. Oleh karenanya, pihak Polresta Palembang terpaksa membubarkan paksa kegiatan di temoat hiburan malam itu. Namun, ada beberapa tempat hiburan yang memang sudah tutup sebelum rombongan datang.

Dalam razia tersebut jajaran Polresta Palembang membaginya menjadi dua tim, yaknin Tim pertama yang dipimpin Pjs Kabag Ops Polresta Palembang, Kompol Suyanto SIk mendatangi karaoke B'Nice yang ada di Paragon dan menuju ke hotel Princes. Kedua tempat hiburan itu diduga melanggar batas izin keramaian.

Setelah itu rombongan tim satu ini mendatangi Selebriti Cafe dan ternyata tempat hiburan itu tutup. Selanjutnya rombongan menuju ke hotel The Jayakarta Diara yang ada tempat hiburan Geisha. Tempat hiburan itu juga sudah tutup sebelum petugas datang.

  Sementara tim dua yang dipimpin Kasat Narkoba, Kompol, FX Irwan Arianto SIk dan Wakasat Reskrim, AKP Ibrahim SSos mendatangi tiga lokasi. Pertama rombongan mendatangi karaoke Teh Venus yang ada di Jalan R Sukamto Palembang. Tempat hiburan ini, ternyata juga melanggar izin keramaian yang diberikan sehingga masih buka melewati pukul 24.00 WIB.

Kemudian rombongan menuju Center Stage (CS) yang ada di Novotel. Rupanya tempat hiburan ini sudah tutup. Lalu petugas menuju ke Diskotik Darma Agung (DA) yang ada di Jalan Kol H Balian Palembang. Tempat hiburan satu ini memang membandel dan masih beroperasi. Karenanya petugas terpaksa membubarkan pengunjung diskotik.

Menurut Hilmin, salah seorang warga Plaju, penutupan tempat hiburan malam yang tersebar di kota Palembang justru belum merata. Sesuai aturan yang diminta pihak kepolisian. “Tetapi saya lihat masih banyak pengusaha yang tidak mengikuti aturan,” ujar Hilmin, kepada Palembang Ekspres.

Dirinya menilai jika peraturan ini tidak kondusif. Diharapkannya supaya pihak polisi harus lebih tegas terkait operasional hiburan malam, karena dari sinilah dapat dilihat bagaimana peraturan dapat diterapkan dengan baik. “Kalau begini, banyak masyarakat tidak percaya terhadap aturan yang diterapkan,” katanya.

Menurutnya, hiburan malam ini seharusnya mulai drikurangi. Karena hiburan malamlah yang memulai aksi kejahatan, bukan karena jam operasionalnya. Untuk itu, dirinya meminta kepada pihak berwajib supaya lebih intensif merazia pengusaha yang membandel. “Saya pribadi juga sangat menyayangkan jika pengusaha hiburan malam ini tetap diberikan kesempatan untuk membuka, tetapi ya harus bagaimana,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting SIk mengatakan, pihaknya hanya mengeluarkan izin keramaian saja. Bukan membuat kesepakatan dengan pengusaha tempat hiburan mengenai jam operasional tempat hiburan itu.

"Kami Polresta Palembang hanya memberikan izin keramaian saja bukan ada kesepakatan untuk menutup tempat hiburan. Kalau ada yang melanggar izin keramaian itu, maka akan kita tindak dengan membubarkannya," ucap Ginting.

Namun, terangnya, jika dampak dari tempat hiburan itu berakibat pada pemeliharaan Kamtibmas maka pihaknya terpkasa mengambil tindakan tegas, walaupun batas waktu izin keramaian yang diberikan belum habis.

"Jadi kita lihat, jika berdampak pada pemeliharaan Kamtibmas negatif, maka akan kita tertibkan. Yang kita berikan izin ke tempat hiburan itu, hanya izin keramaian saja, bukan mengenai jam operasionalnya. Dan batas izin keramaian itu sudah jelas. Jadi kalau melanggar yang kita tindak," tegas Ginting. DYN/JOE

1 komentar:

  1. Permisi Gan...izin post ya admin bila mengganggu jangan di spam ya tapi di delete saja ya..
    yuk.. gabung di updatebetting dan menangkan hadiah menariknya :)
    JAGADPOKER AGEN POKER TERPECAYA DENGAN UANG ASLI SEJAGAD INDONESIA.
    AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DI SINI
    DENGAN PROMO
    * Bonus Rollingan 0,3% ( Perminggu )
    * Bonus Referral 15% ( Seumur Hidup )
    Kami Agen Penyediaan Jasa Poker Online Terbaik & Terpercaya
    Bagi anda yang hobby bermain judi online seperti :
    Adu Q, Bandar Q, Bandar Poker, Capsa Susun, Domino dan Poker.
    TUNGGU APA LAGI AYO BURUAN DAFTARKAN DIRI ANDA DAN GABUNG BERSAMA KAMI :
    WWW).(JAGADPOKER(.(NET
    WWW).(JAGADPOKER(.(ORG
    WWW).(GULA77(.(COM

    BalasHapus

Populares