Social Icons

Selasa, 04 September 2012

Unsri Kembangkan Riset Energi dan Biodiesel


PALEMBANG. PE – Dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang sains, Universitas Sriwijaya (Unsri) kini sedang memanfaatkan berbagai jenis bahan baku dari alam agar bisa diolah menjadi lebih bermanfaat. Salah satunya yang sedang dikerjakan saat ini adalah pengembangan riset pengolahan energi dan biodiesel.
Hal ini diungkapkan Prof. Anis Saggaf, Pembantu Rektor (PR) I Universitas Sriwijaya (Unsri), pengembangan ilmu pengetahuan kini sedang diproses oleh Unsri, terlebih untuk riset dosen pengajar ke arah pemanfaatan alam.

“Untuk sekarang kita sudah menggandeng beberapa perusahaan besar di Sumatera Selatan (Sumsel), yaitu PT Pertamina dan PT Bukit Asam untuk penyediaan peralatan penelitian pengolahan energi ini,” katanya kepada Palembang Ekspres, kemarin.

Pengembangan penelitian ini juga seiring sejalan dengan ditunjuknya Sumsel sebagai lumbung energi. Sehingga, menteri Energi dan pemerintahan provinsi (pemprov) Sumsel pun turut memberikan dukungan dan bantuan.

Adapun riset yang sedang dijalankan yaitu pengolahan bahan baku alam, seperti buah jarak, buah ketapang dan lainnya untuk menghasilkan biodiesel. Penelitian inipun sedang digarap lebih serius, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa digunakan untuk masyarakat.

“Apabila penelitian ini berhasil dan dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bensin maupun solar, maka bisa menekan tingginya kebutuhan bensin yang disuplay terus oleh Pertamina,” lanjutnya.

Tidak hanya itu saja, salah satu pengolahan energi yang kemungkinan akan dijalankan yaitu pemanfaatan panas bumi atau sinar matahari untuk menghasilkan energi yang terbarukan.

Namun, penelitian tersebut memang belum bisa direalisasikan, masih membutuhkan beberapa penelitian awal untuk mendapatkan prosedur pengolahannya.

 “Jika pemanasan bumi bisa kita gunakan untuk menghasilkan energi terbarukan, maka kita bisa meminimalisir tingginya tingkat panas di Sumsel, khususnya di Palembang,” ulasnya.

Ia mengatakan, ide ini memang baru akan dirintis dan dicoba terlebih dahulu. Karena ini merupakan perpindahan mindset pengolahan energi dari perut bumi menjadi energi yang dihasilkan dari permukaan bumi. NEF

0 komentar:

Posting Komentar

Populares