Social Icons

Jumat, 24 Agustus 2012

Bus Yoanda Prima Masuk Jurang


* 4 Luber, 14 Luring

* Diduga Ngebut, di Jakabaring Xenia Ringsek

BAYUNGLENCIR. PE ñ Nahas dialami puluhan penumpang Bus Yoanda Prima BG 3274 AH jurusan Palembang ñ Padang. Bus nahas ini terguling dan masuk jurang dengan kedalaman sekitar 30 meter. Akibatnya bus ringsek dan semua kaca kendaraan pecah dan puluhan penumpang menderita luka berat dan ringan.
Informasi yang dihimpun koran ini, nahas yang dialami bus penuh penumpang ini terjadi daerah Tungkal Jaya, Km 114 antara Sungai Lilin dan Bayung Lincir Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sekitar pukul 15.15 WIB Jumat (24/8).

Menurut keterangan yang diperoleh dilapangan, bus nahas ini saat itu sedang melaju kencang dan ingin mendahului kendaraan yang berada di depannya. Namun tanpa diduga sang sopir, dari arah berlawan datang sebuah mobil Kijang Innova. Melihat ada mobil dijalur yang sama, sang sopir tidak bisa menghindar dan akhirnya tabrakan maut pun tidak terhindarkan.
BraaakkkkÖ. Suara tabrakan keras mengejutkan seluruh penumpang. Panik dan ketakutan, sejumlah penumpang beteriak menyebut nama Allah. AllahuakbarÖ AllahuakbarÖ. Dan sebagian berteriakan histeris. Bus langsung oleng dan gerguling masuk kedalam jurang.
Namun dalam kejadian ini tidak sampai mengakibatkan korban jiwa. Diketahui ada 4 korban yang mengalami kondisi luka berat (Luber) sementara 14 penumpang lainnya mengalami luka ringan (Luring). Dan sejumlah penumpang lain menderita memar. Korban luka langsung diselamatkan sejumlah warga dan polisi.
      Korban luka berat langsung dilarikan ke RSUD Sungai Lilin, sementara korban luka ringan dilarikan ke puskesmas terdekat. Sementara pengemudi Innova hanya menderita luka ringan.
Salah satu korban selamat dari kecelakaan maut ini adalah Wartawan Sriwijaya Post, Zainal Piliang. Korban yang saat kejadian juga menumpang bus nahas tersebut.
ìSaat kejadian banyak yang berteriak histeris dan menyebut AllahuakbarÖ semua panik dan kejadiannya sangat cepat,î ujarnya.
Kasat Lantas Polres Muba, AKP Andi Kumara dihubungi Palembang Ekpsres mengatakan, diduga kejadian ini akibat bus Yoanda Prima ini hendak mendahului kendaraan yang berada di depannya.
Koban yang luka berat ada 4 orang dan luka ringan ada 14 orang. Semua korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat ada di Puskesmas dan RSUD Sungai Lilin,î tuturnya.
Namun pihaknya juga mengaku masih melakukan penyelidikan penyebab kejadian kecalakaan ini. Apalagi saat ini pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi mata dan juga korban.
Kita masih lakukan penyelidikan. Dan saat ini sopir bus juga diketahui melarikan diri dan masih dalam pengejaran anggota kita,î bebernya.
Sementara pantauan koran ini di di kantor pusat PO Yoanda Prima, Jl Diponegoro Baru No 245, Jl Soekarno Hatta Palembang tadi malam dalam keadaan sepi. Bus Yoanda Prima ini melayani jurusan Palembang ñ Padang - Padang Panjang ñ Bukit Tinggi ñ Solok dan Jakarta.
Sementara itu, kecelakaan tunggal juga terjadi di Kawasan Jalan Jakabaring Palembang tadi malam sekitar pukul 22/30 WIB. Diduga sopir mobil Daihatsu Xenia yang diketahui bernama Ryan (21) Warga Kompleks Amin Mulya Jakabaring dengan Nomor Polisi (Nopol) B 1487 EP ini ngebut dan menghantam pohon disekitar lokasi depan Sriwijaya Promotion Center Jakabaring.
Menurut keterangan sejumlah warga yang ada dilokasi kejadian, diduga mobil ini sedang kebut-kebutan dikawasan Jakabaring. Namun nahas mobil ini oleng dan akhirnya menabrak pohon hingga bagian depannya ringsek.
ìAku liat mobil tu ngebut nian. Dak taunyo nabrak, sopirnyo sendiri la diselametke dibawa ke rumah sakit,î tutur Amat salah seorang warga yang ada dilokasi kejadian.
Tetapi sejumlah warga lain dilokasi menduga, sopir ini dalam keadaan setengah sadar (mabuk) saat mengemudi kendaraan. Sehingga saat mobilmelaju kencang tidak terkendali dan akhirnya menabrak.
Mungkin yang bawa mobil mabok dek. Tapi kami taunyo kondisi mobilnyo lah rusak macem ini. Soalnyo jalan disini kalu malam cak ini lah sepi,î tutur salah seorang warga mengaku bernama Anang. YUN/DRE/RIS

1 komentar:

  1. untuk diketahui saya penumpang yoanda prima jurusan palembang padang akhir bulan juni 2013 berangkat bersama istri jam.12.00 ga tau nya jam 14.00 dengan penumpang penuh sampai tempat duduk kenek pun diisi, sesampai di terminal padang panjang esok harinya jam 11.15 semua penumpang jurusan padang sekitar 20 orang di suruh turun dan menunggu bus ekonomi yoanda prima dari palembang jam 11.30 di hari yang sama berangkatnya, jam 13.00 bus ekonomi datang dengan penumpang penuh dan rusak alhasail kami diberangkatkan ke padang sekitar jam 14.30 dengan kendaraan rusak dan sampai di pool yoanda prima by pass padang jam 15.45. Disini saya menanyakan seperti apa tanggung jawab pihak yoanda prima dengan masalah ini saya dengar dari orang lain ini untuk yang kesekian kalinya sedangkan saya untuk pertama kalinya ke padang dengan bus yonda prima, saya sudah berulang kali untuk konfirmasi masalah ini pada hari itu juga tapi tidak ada tanggapan dari pihak yoanda prima di palembang dan pihak yoanda prima di padang yang membisu tanpa dapat berbicara yang hanya saya mendapat musuh di terminal padang panjang. untuk itu saya ingin memberitahukan kepada saudara saudara untuk berhati hati lagi berangkat ke padang dengan menggunakan bus yoanda prima karena tidak mempunyai itikad yang baik dan tidak profesional moga moga mendapatkan peringatan dari allah swt karena doa orang yang teraniaya pasti akan terkabulkan, amin.

    BalasHapus

Populares