Social Icons

Senin, 27 Agustus 2012

Tak Serentak KBM, Siswa Masih Banyak Bolos

            PALEMBANG. PE – Di hari pertama masuk sekolah ternyata jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di berbagai sekolah tidak serempak. Ada yang sudah memulai KBM sejak 27 Agustus, namun tidak sedikit yang memulainya di hari kedua. Pantauan Palembang Ekspres, masih banyak siswa-siswa yang bolos disaat jam belajar. 
            Seperti dikatakan I Gede Mendera MT, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Palembang, jadwal KBM baru akan dimulai pada hari kedua di minggu terakhir Agustus.     “Hari ini (kemarin.red), kita belum memulai KBM. Karena kita mengikuti peraturan yang berlaku untuk masa liburan sekolah,” tuturnya kepada Palembang Ekspres, Senin (27/8).
            Sesuai peraturan dari Dinas Pendidikan, bahwa KBM diliburkan enam hari efektiv dari libur lebaran. Jadi, jika dihitung-hitung, masa liburan akan berakhir pada 28 Agustus 2012. Pada saat hari pertama masuk sekolah, para siswa tidak lagi disibukkan dengan acara halal bi halal atau silaturahmi. Mereka harus segera mengikuti jadwal belajar langsung. ”Kita tidak ada acara silaturahmi pasca lebaran, karena silaturahmi bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Jadi, saat siswa masuk langsung diwajibkan mengikuti pelajaran seperti biasanya,” tukasnya.
            Hal ini juga disampaikan Ernis, Kepala SMAN 11 Palembang, jadwal masuk sekolah sudah ditentukan sebelum liburan kemarin. Keputusan ini sesuai dengan kesepakatan seluruh kepala sekolah (kepsek) SMP dan SMA bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang bidang SMP/SMA/SMK di Palembang. ”Kita sudah menyepakati, libur perayaan Idhul Fitri 1433 Hijriah berakhir pada 28 Agustus. Jadi, baru besok (hari ini.red) seluruh SMP dan SMA masuk,” lanjutnya.
            Sama seperti SMA Negeri 3 Palembang, di sekolah ini juga diberlakukan peraturan yang sama. Siswa langsung mengikuti pelajaran seperti biasanya. Mereka pun tidak melakukan kegiatan apapun dan langsung berfokus pada pemberian materi pelajaran.
            Berbeda yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 197 Palembang. Sekolah ini sudah menggelar KBM seperti biasanya, para siswa pun sudah mendapatkan materi pelajaran seperti hari biasanya. ”Kita sudah memulai jadwal belajar sejak hari ini (kemarin.red). Karena berdasarkan kalender dari dinas pendidikan, KBM sudah dimulai sejak 27 Agustus 2012,” ujar Heri Murdiyati, S.Pd, Kepala SDN 197 Palembang.
            Ia mengatakan, para siswa sudah harus mengikuti KBM sesegera mungkin. Karena liburan kemarin mengurangi jadwal pemberian materi, sehingga siswa sudah ketinggalan banyak materi pelajaran.
            Terlebih, sebentar lagi pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) di semester pertama. Jadi, siswa harus mendapatkan waktu lebih untuk mendapatkan materi hingga tuntas. ”Siswa sudah banyak ketinggalan pelajaran, jadi kita harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk memberikan mereka materi pelajaran. Karena sebentar lagi mereka harus mengikuti UAS,” sambungnya.
            Karena perbedaan jadwal masuk sekolah, tentunya Inspeksi Mendadak (Sidak) Guru yang dilakukan tim Disdikpora Palembang harus dilakukan selama dua hari.
            Di hari ini (kemarin.red), 99 Pengawas Sidak yang terdiri dari 83 pengawas dan 16 kepala UPTD kecamatan melakukan Sidak ke SD Negeri di Palembang. Baru pada 28 Agustus, tim Disdikpora Palembang kembali melakukan Sidak Guru ke SMP, SMA dan SMK di Palembang. NEF

0 komentar:

Posting Komentar

Populares