Social Icons

Rabu, 12 September 2012

APK SMA Baru 90 Persen


MARTAPURA. PE – Angka Partisipasi Kasar (APK) usia SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur masih belum tuntas. Dinas Pendidikan Kabupaten OKUT mencatat, APK SMA baru 90 persen.  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Timur, Surya Bhakti didampingi Kabid Pendidikan Lanjutan Dinas Pendidikan OKU Timur, Drs Edwar menargetkan, APK SMA ditargetkan tuntas sepanjang 2013-2015 mendatang.

“Kami terus berupaya meningkatkan APK SMA ini,” kata dia diruang kerjanya, kemarin (12/9). Salah satu upaya dalam meningkatkan APK dan APM (Angka Partisipasi Murni) tambah Surya, pihaknya akan mewujudkan satu kecamatan satu SMA. Dengan begitu, daya tampung masyarakat akan lebih luas.
”Tahun ini, kami sudah membuka sekolah tingkatan SMA di lima Kecamatan yakni Kecamatan Jaya Pura, Buay Madang, Bunga Mayang, Buay Pemuka dan Belitang Jaya. Saat ini kelima sekolah tersebut masih menumpang gedung SMP,” akunya. Surya menambahkan, untuk SMA Negeri di Kecamatan Bunga Mayang tahun ini mendapatkan bantuan gedung sekolah dari Direktorat pengawasan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI. 
Sementara di Kecamatan Buay Madang mendapatkan penambahan 3 ruang kelas baru dan lahan dari masyarakat. Bentuk bantuan ini hibah. Tak hanya itu, 3 kecamatan lain sudah memberikan proposal kepada Derektorat Pusat agar dapat memberikan bantuan gedung sekolah. “Semoga usulan sekolah di 3 kecamatan itu dapat disetujui, sehingga bisa menambah daya tampung siswa,” harapnya.
Selain itu kata Surya, tahun ini ada empat sekolah yang ditambah ruang kelas baru (RKB) yakni, SMA Negeri Martapura sebanyak tiga RKB, SMA Negeri Semendaway Barat  tiga  RKB,SMA I Cempaka Dua RKB. ”Dengan penambahan RKB tersebut otomatis menambah daya tambung  murid , dan mudah-mudahan hal ini akan semakin memacu semangat masyarakat untuk mewejudakan wajib belajar 12 tahun,” katanya. CJ1

0 komentar:

Posting Komentar

Populares