Social Icons

Selasa, 04 September 2012

Pasar Hewan OKU Timur Segera Beroperasi


MARTAPURA. PE - Harapan masyarakat Kabupaten OKU Timur (OKUT) khususnya pedagang hewan untuk segera memiliki Pasar Hewan akan segera terwujud. Pasalnya, pembangunan Pasar Hewan yang dilaksanakan sejak 2011 berlokasi di Desa Cahaya Negeri Kecamatan Semendawai Suku III, itu ditarget sudah bisa beroperasi pada 2013 mendatang.

          Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) OKUT, Ir Alief Yulianto MM, kemarin mengatakan, pihaknya optimis target tersebut bisa dicapai. “Sebab sekarang ini sudah line kliring. Artinya di lokasi pembangunan Pasar Hewan tersebut tak ada lagi masalah termasuk soal ganrti rugi dan sebagainya,” jelasnya.
          Untuk pembangunan sendiri kata Alief, sudah berdiri kantor UPTD dan administrasi Pasar Hewan tersebut. “Masyarakat sekitar sudah mulai melakukan transaksi di lokasi Pasar Hewan yang sedang dibangun tersebut. Namun ini tak masalah dan tak mengganggu proses pembagunan  yang sedang berjalan,” ulasnya.
          Untuk luas areal Pasar Hewan tersebut lanjut Alief seluas 1 hektar dengan sumber dana pembangunan dari APBN sebesar Rp 400 juta. “Posisi lokasi Pasar Hewan tersebut sangat strategis yang dekat dengan akses lintas timur dan akses sejumlah wilayah kecamatan antara lain Belitang II, Belitang Mulya, Semendawai Suku III dan Betung,” ujarnya.
           Disinggung struktur bangunan Pasar Hewan yang akan ditempati para pedagang, diungkapkan Alief, yakni terdiri dari bangunan kecil sebanyak 26 unit. “Nantinya ada kepala dan pengawas pasarnya. Selanjutnya untuk hewan yang dijual yakni sapi, kerbau dan kambing plus ditambah hewan ternak lainnya. Soal harga,tentu mengikuti harga pasar,” tukas Alief. CJ1

0 komentar:

Poskan Komentar

Populares