Social Icons

Selasa, 04 September 2012

Pemenang Wajib Kumpulkan Poin 300


/// Lomba Gerak Jalan Tingkat SD dan SMP

PLEMBANG PE - Meski peringatan HUT Republik Indonesia ke 67 sudah berlalu, tak menyurutkan semangat ratusan siswa SD dan SMP untuk mengikuti tradisi lomba setiap 17 Agustusan. Buktinya, kemarin (4/9) sebanyak 230 siswa SD dan SMP mengikuti lomba gerak jalan yang diselenggarakan Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Disdikpora) Palembang.

Kasi Pembinaan Prestasi Olahraga Disdikpora Palembang, Drs Rustam Efendi mengatakan, lomba gerak jalan ini diikuti siswa SD, SMP dan SMA, SMK sederajat. Hanya saja, untuk tingkat SMA dan SMK sederajat akan dilaksanakan hari ini (5/9).

"Kita menargetkan seluruh sekolah bisa mengirimkan siswanya untuk mengikuti perlombaan ini. Sekaligus sebagai kegiatan lanjutan perayaan HUT RI," tuturnya.

Ratusan pelajar yang mengikuti perlombaan ini terdiri dari 70 siswa SD, 160 siswa SMP, 90 siswa SMA dan 15 siswa SMK. Dalam perlombaan ini, ada peraturan yang sedikit berbeda dibandingkan tahun lalu yaitu dalam hal waktu dan jarak tempuh.

Untuk tingkat SD, harus menempuh jarak 6 kilometer (km) perjalanan dengan tempo waktu selama 1 jam per lima kilo meter. Sedangkan pada tingkat SMP dan SMA sederajat diwajibkan menempuh jarak 6 km per jamnya.

“Jarak tempuh SD sejauh 6 km, SMP sejauh 10 km, dan SMA sejauh 17 km untuk putra dan putri. Di setiap regu gerak jalan terdiri dari 15 orang peserta yaitu 7 siswa putra, 7 siswa putri dan satu orang komandannya,” bebernya.

Ia mengatakan, ada penilaian tersendiri dalam menentukan pemenang, yaitu poin harus mencapai 300. Total poin tersebut didapatkan dari penilaian keserasian, disiplin, semangat, kekompakan dan keutuhan.
Namun, pihak panitia juga menilai kekurangan penampilan yang berdampak pada pengurangan poin, seperti kurang anggota dikurangi 10 poin, terlambat masuk finish dikurangi 5 poin, terlalu cepat masuk finish dikurangi 2 poin dan lainnya.

“Setiap penampilan para peserta kita nilai dari berbagai aspek, sehingga bisa mendapatkan penampilan terbaik dari setiap tingkatan peserta. Kegiatan ini akan digelar dari 4 September hingga 5 September esok,” ulasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semangat dan kedisiplinan para pelajar dapat dipupuk sejak dini. Kekompakan setiap individu juga menjadi poin utama dalam mempersatukan bangsa Indonesia. NEF

0 komentar:

Posting Komentar

Populares